SELAMAT DATANG DI SLBN GUNUNGSARI

Senin, 08 Januari 2024

PROGRAM KERJA SLBN GUNUNGSARI


 


 

              

 

PROGRAM KERJA

SLB NEGERI GUNUNGSARI BAURENO

BOJONEGORO

TAHUN PELAJARAN 2023/2024

 

                                                

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SLB NEGERI GUNUNGSARI

KEC. BAURENO KAB. BOJONEGORO

2023

 

 


 


VISI SEKOLAH

 

MEWUJUDKAN PESERTA DIDIK YANG MANDIRI, TERAMPIL, CERDAS, DANN BEWAWASAN GLOBAL.

M I S I  SEKOLAH

 

Indikator Kecapaian dari Visi:

1)      Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasiona

2)      Terwujudnya peserta didik yang cakap bersosialisas

3)      Terwujudnya perilaku peserta didik profil pelajar pancasila

a.       Berakhlaq mulia

b.      Hidup mandiri

c.       Bergotong royong

d.      Berbineka tunggal ika

 

1.      Mewujutkan lulusan yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasional, sosial dan hidup mandiri

a.       Menentukan kretirian ketuntasan belajar peserta didik

b.      Mengikutka peserta didik dalam kegiatan lombah-lombah

c.       Mengutamakan pembelajaran ketrampilan vokasional

2.      Mewujutkan Pendidikan yang mengedapankan pembelajaran ketrampilan Vokasional

a.       Menyediakan ruang dan sarana ketrampilan yang sesuai bakap peserta didik

b.      Bekerjasama dengan lebaga Pendidikan lain dibidang ketrampilan Vukasional

c.       Melakukan sosialisasi program Sekolah kepada Lembaga Pendidikan disekirat sekolah tentang program pen didikan ketrampilan Vokasional

3.      Mewujutkan belajar yang berkesinambungan

4.      Mewujutkan Pendidikan yang mengedepankan Pendidikan profil pelajar Pancasila

5.      Mewujutkan lulusan hidup mandiri

 

 

 

 

 

 



Tujuan Sekolah

 

1.      Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)

a.       Mengakomodir kegiatan keagamaan untuk membiasakan murid bersikap, berfikir, dan bertindak sesuai dengan agama dan kepercayaan dilingkungan sekolah dalan kurun waktu 1 tahun.

b.      Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang rencana pembelajaran agar lebih optimal.

c.       Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.

d.      Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila.

 

2.      Tujuan Jangka Menengah (2-3 tahun)

a.       Mengembangkan program pembiasaan dalam bersikap, berfikir dan bertindak sesuai agama dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang berimtaq.

b.      Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik.

c.       Mewujutkan lulusan yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasional

1)      Tercapainya program ketrampilan Vokasional sesuai dengan kemampuan dan bakat peserta didik

2)      Tercapainya peserta didik dalam mengikuti lomba-lambah minimal tingkat Kabupate, sampai tingkat Nasional

3)      Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari

4)      Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter hidup mandiri dan gotong royong dalam kehidupan sehari -hari

 

3.      Tujuan Jangka Panjang (4 tahun ke depan)

a.       Membangun budaya positif dalam bersikap, berfikir, dan bertindak didalam maupun diluar kelas, sesuai agama dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah.

b.      Mewujutkan Pendidikan yang mengedepankan belajar berkesinambungan: Terlaksananya kegiatan pembelajaran di ruang kelas dan ruang ketrampilan yang menyenangkan

c.       Terwujutnya pengembangan ketrampilan kemandirian

1)      Terlaksananya Pendidikan ketrampilan untuk bekal hidup peserta didik

2)      Terlaksananya Pendidikan ketrampilan kewirausahaan

d.      Terwujutnya kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan Pendidikan karakter untuk semua mata pelajaran

1)      Memfasilitasi mengedepankan hak antar peserta didik

2)      Memfasilitasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan disabilitan masing-masing

e.       Terwujutnya lulusan yang mampu hidup mandiri dan diterima hidup bermasyarakat

f.       yang mampu hidup mandiri dan diterima hidup bermasyarakat

RENCANA STRATEGIS

2023/2024

SLBN GUNUNGSARI BAUREN0 BOJONEGORO

 

 

Telah disahkan penggunaanya

Di                    : Baureno

Tanggal           :

 

Menyetujui                                                                  Yang Mengesahkan

Ketua Komite Sekolah                                                Kepala SLB Negeri Gunungsari

 

 

SUN’AN, S.Pd                                                           Dra. NINIK WORO WAHYUTI

                                                                                    NIP 19670701 200501 2 011

 

                                                     MENGETAHUI,

Kepala Cabang Dinas Pendidikan                              Pengawas PK-LK

Wilayah Bojonegoro                                                   Wilayah Bojonegoro, Tuban

 

 

ADI PRAYITNO, S.Pd, M, M                                Drs. M. KHOLIL, M.PdI

Pembina TK. I                                                             NIP. 19690806 200701 1 034

NIP. 19700506 199802 1 005

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

            Pentingnya pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu kepercayaan, dimana keberhasilan pendidikan sangat menentukan keberhasilan anak didik, dimana dunia pendidikan di Indonesia di tengah perannya yang strategis ternyata masih dihadapkan dengan berbagai kendala dan masih terus bergumul dengan masalah klasik antara lain persoalan kurikulum, tenaga pengajar, alokasi pendidikan yang rendah, serta kelengkapan sarana dan prasarana.

            Khususnya peranan pendidikan pada Sekolah Luar Biasa mempunyai tantangan atau kendala yang lebih spesifik dan ini tidak saja memerlukan tenaga pengajar yang terampil, namun juga kesabaran yang tinggi serta perlunya program kerja tahunan dalam melaksanakan pendidikan, karena program kerja tahunan merupakan suatu indikator yang sangat penting dalam suatu organisai.

Dalam program tersebut secara rinci dijelaskan langkah-langkah yang akan ditempuh atau dilaksanakan oleh sekolah, permasalahannya dan pemecahannya, serta sumber dana yang digali juga merupakan pokok sarana penunjang keberhasilan perwujudan program. Oleh karena itu dalam program tahunan ini diharapkan dapat memenuhi tuntutan sebagai pelaksanaan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan bagi anak Sekolah Luar Biasa.

Berkaitan dengan perubahan kurikulum yang berubah dari kurikulum K13 menjadi Kurikulum Merdeka. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kesiapan satuan Pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Saat ini SLBN Gunungsari memilih mengunakan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah. Perubahn kurikulum ini dapat membekali peserta didik dengan berbagai sikap dan kemampuan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan teknologi, guna menjawab arus globalisasi. Sehingga ada beberapa program kepala sekolah yang berubah sesuai kondisi saat ini.

            Demikian harapan kami, semoga Rencana Anggaran Program Sekolah Tahunan ini dapat terwujud dengan baik, dan daya upaya yang kita curahkan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peserta didik.

 

                                                                                                            Kepala Sekolah

 

 

 

                                                                                    Dra. NINIK WORO WAHYUTI

                                                                                          NIP. 19670701 200501 2 011

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

 

PENDAHULUAN

 

 

A.    Latar Belakang Masalah

Pendidikan Luar Biasa adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan semua potensi peserta didik agar kelak dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat

Perencanaan strategi pengembangan sekolah merupakan upaya untuk menentukan tindakan masa depan sekolah sesuai suatu urutan prioritas dengan memperhitungkan sumber daya tersedia. Hal ini merupakan dokumen dalam pencapaian tujuan sekolah yang mengarah pada inovasi sekolah. Dengan ditetapkan rencana strategi kerja sekolah menjamin tercapainya tujuan yaitu :

1.      Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah

2.      Menjamin tercapainya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan

3.      Menjamin relevansi dan konsistensi antara perencanaan, penganngaran, pelaksanaan, dan pengawasan.

4.      Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada akhir program

5.      Optimalisasi partisipasi masyarakat dalam meningkatkan kualitas.

 

B.     Landasan

Kepala Sekolah mempunyai tugas merencanakan, mengkoordinasikan dan mengevaluasi seluruh kegiatan pendidikan di sekolah dan melaporkan semua kegiatan kepada atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Secara Operasional tugas pokok kepala sekolah antara lain adalah menyusun program kerja bersama guru–guru.

 

C.    Pentingnya Penyusunan Program

Program kerja sekolah sangat penting bagi kepala sekolah dan guru–guru.

Bagi kepala sekolah merupakan program dalam melaksanakan tugasnya secara urut dan teratur sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, juga dapat segera menginventarisasi masalah-masalah yang ditemui dilapangan dalam melaksanakan program tersebut.

Bagi guru-guru,  program sekolah merupakan langkah-langkah kerja yang sistematis dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Program Kerja

Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang merupakan tujuan institusional dan konstitusi pelayanan pendidikan luar biasa di SLBN Gunungsari  Bojonegoro perlu pertimbangan dan mengupayakan agar harapan-harapan dari berbagai pihak dan penyelenggara pendidikan, pemerintah serta masyarakat dapat tercapai dengan baik.

Sehubungan dengan tujuan di atas SLBN Gunungsari Bojonegoro mendapat amanat masyarakat yang merupakan pelanggan pendidikan. Sehingga setiap tahunnya siswa semakin bertambah, baik dari peserta didik hambatan penglihatan, hambatan pendengaran, hambatan intelektual, hambatan fungsi Gerakan tubuh, dan Autis.

Dalam hal ini kami berupaya keras untuk memaksimalkan stabilitas kinerja yang optimal, sehingga membutuhkan dukungan lain yakni:

     1. Dana serta sarana dan prasarana dari pemerintah perlu ditingkatkan.

     2. Kualitas guru dan karyawan perlu ditingkatkan, bahkan ketenagaan pun masih  

         perlu di tambah.

     3. Upaya kerjasama dengan masyarakat serta orang tua siswa yang memerlukan

         pembinaan-pembinaan sehingga dapat menambah motivasi untuk  

         meningkatkan kualitas mutu pendidikan.

 

Dengan demikian SLBN Gunungsari Bojonegoro membuat program kerja Jangka Pendek (1 tahun), Program Kerja Jangka Menengah (2-3 tahun), dan Program Kerja Jangka Panjang (4 tahun Ke depan). Adapun program kerjanya adalah sebagai berikut:

 

A. Program Kerja Jangka Pendek (1 tahun)

Yang di maksud Program Kerja Jangka Pendek yaitu program kerja yang dapat di capai pada skala waktu mingguan, bulanan, semesteran dan maksimum tahunan.

 

Adapun Program Kerja Jangka Pendek adalah :

  1. Mengakomodir kegiatan keagamaan untuk membiasakan murid bersikap, berfikir, dan bertindak sesuai dengan agama dan kepercayaan dilingkungan sekolah dalan kurun waktu 1 tahun.
  2. Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah untuk menunjang rencana pembelajaran agar lebih optimal.
  3. Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
  4. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila.

 

B. Program Kerja Jangka Menengah (2-3 tahun)

     1. Mengembangkan program pembiasaan dalam bersikap, berfikir dan bertindak sesuai  

         agama dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang berimtaq.

     2. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif  

         peserta didik.

     3. Mewujutkan lulusan yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasional

         a.   Tercapainya program ketrampilan Vokasional sesuai dengan kemampuan dan bakat  

               peserta didik

b.      Tercapainya peserta didik dalam mengikuti lomba-lambah minimal tingkat Kabupate, sampai tingkat Nasional

c.          Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari

d.      Tercapainya peserta didik yang memiliki karakter hidup mandiri dan gotong royong dalam kehidupan sehari -hari

 

D.    Program Kerja Jangka Panjang (4 tahun kedepan)

  1. Membangun budaya positif dalam bersikap, berfikir, dan bertindak didalam maupun diluar kelas, sesuai agama dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang berakhlakul karimah.
  2. Mewujutkan Pendidikan yang mengedepankan belajar berkesinambungan: Terlaksananya kegiatan pembelajaran di ruang kelas dan ruang ketrampilan yang menyenangkan
  3. Terwujutnya pengembangan ketrampilan kemandirian

a.       Terlaksananya Pendidikan ketrampilan untuk bekal hidup peserta didik

b.      Terlaksananya Pendidikan ketrampilan kewirausahaan

  1. Terwujutnya kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan Pendidikan karakter untuk semua mata pelajaran

a.       Memfasilitasi mengedepankan hak antar peserta didik

b.      Memfasilitasi kebutuhan peserta didik sesuai dengan disabilitan masing-masing

  1. Terwujutnya lulusan yang mampu hidup mandiri dan diterima hidup bermasyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

 

KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH

 

            Kepala Sekolah adalah Administrator pendidikan dalam lingkungan sekolah yang dipimpinnya, disamping harus menguasai tentang teknis pendidikan, kepala sekolah dan guru-guru perlu mengetahui segi-segi administrasi-meningkatkan pendayagunaan semua sumber, baik material maupun personal secara berhasil guna, untuk menunjang usaha pencapaian tujuan pendidikan nasional.

            Faktor-faktor penting guna meningkatkan mutu pendidikan adalah kondisi atau keadaan sekolah itu sendiri yaitu meliputi keadaan siswa, keadaan pegawai yaitu guru dan non guru, keadaan tanah serta keadaan sarana dan prasarana.

 

1.    Keadaan Siswa

     TKLB

Kelas

Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan

Jumlah

A

B

C

D

E

C1

D1

G

AUTIS

HIPER

 

A

-

2

-

-

1

-

-

1

-

4

B

-

-

3

-

-

-

-

-

-

-

3

Juml.

-

  -

5

-

-

1

-

-

1

-

7

 

       SDLB

Kelas

Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan

Jumlah

A

B

C

D

E

C1

D1

G

AUTIS

HIPER

 

I

-

-

5

-

-

-

-

-

2

-

7

II

-

2

1

-

-

4

-

-

-

7

III

-

3

1

-

-

2

-

-

-

-

6

IV

-

1

3

-

-

4

-

-

1

-

9

V

1

1

4

-

-

3

-

-

-

-

9

VI

-

1

3

-

-

1

-

-

-

-

5

Juml.

-

2

23

-

-

6

1

-

5

-

43

 

      SMPLB

Kelas

Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan

Jumlah

A

B

C

D

E

C1

D1

G

AUTIS

HIPER

 

VII

-

-

4

-

-

-

-

-

1

    -

5

VIII

-

-

5

-

-

2

-

-

-

-

7

IX

1

-

2

-

-

3

1

-

-

-

7

Juml.

1

1

10

-

-

3

2

  -

-

-

19

 

 

 

 

     SMALB

Kelas

Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan

Jumlah

A

B

C

D

E

C1

D1

G

AUTIS

HIPER

X

-

1

1

-

-

1

-

-

-

-

3

XI

-

-

6

-

-

1

-

-

-

-

7

XII

-

1

2

-

-

3

-

-

1

-

7

Jml.

-

12

-

-

-

2

-

-

-

-

17

JUMLAH TK+SD+SMP+SMA

86

 

F. JUMLAH PENDIDIK DAN NON PENDIDIK 3 TAHUN TERAKHIR

Tahun

Tingkat Pendidikan

Jml

Ket.

Non pendidik

Pendidik

PNS

P3K

GTT

PTT

SMP

SLTA

Kuliah

SI

S 2

2021 – 2022

 

3

2

14

2

21

4

6

8

3

2022 – 2023

 

3

     2

13

2

20

3

6

7

3

2023 - 2024

 

2

1

13

2

18

3

6

6

2

 

G. KEADAAN TANAH

Luas Tanah Seluruhnya (satu kompleks)                : 2.013 m2

Digunakan untuk bangunan                                    : 1.365 m2

Luas Tanah digunakan untuk halaman meliputi     : Tempat bermain, Taman, Olah Raga,   

                                                                                   Kebun Sekolah.

Bangunan yang terdapat dalam lingkungan sekolah meliputi  :

 

    1. Gedung Sekolah: 4 unit

No.

Ruang

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Ruang Kantor

 Ada

0

1

bagus

2.

Ruang Belajar

Ada

4

5

disket

3.

Ruang Perpustakaan

Belum Ada

0

1

Segera diadakan

4.

Ruang kamar kecil

Ada

1

2

Segera diadakan

5.

Ruang Terapi

Ada

1

1

bagus

6.

Ruang Ketrampilan

Ada

1

3

Segera diadakan

7.

Ruang Kesenian

Belum Ada

0

1

Segera diadakan

8.

Ruang Administrasi

Ada

1

1

bagus

9.

Ruang pertemuan

Belum Ada

0

1

Segera diadakan

10.

Ruang Kantin

Ada

1

1

Segera diadakan

11.

Ruang Tunggu

   Belum ada

0

1

Segera diadakan

 

    2. Inventaris:

        a. Mebeler:

No.

Nama Barang

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Meja kepala Sekolah

Baik

1 set

0

 

2.

Meja + Kursi murid

Baik

60 set

20 set

Segera diadakan

3.

Meja+ Kursi guru

Baik

6 set

6 set

Segera diadakan

4.

Meja Autis

Baik

2 set

4 set

Segera diadakan

5.

Meja kursi  terapis

 ada

2 set

2 set

Segera diadakan

6.

Almari Terapi

ada

1

3 set

Segera diadakan

7.

Almari autis

Belum ada

0

4 set

Segera diadakan

8.

Almari buku

Baik

2 set

3 set

Segera diadakan

9.

Almari ketrampilan

Baik

3 set

1 set

 

10.

Almari kecil

Baik

1 set

3 set

Segera diadakan

11.

Rak buku perpustakaan

Baik

1 set

2 set

 

12.

Papan tulis

Ada

12 set

4 set

 

13.

Almari Kesenian

Belum ada

1

0

 

14.

Meja Komputer

Blm ada

0 set

6 set

Segera diadakan

 

     3. Alat Bantu Belajar dan Alat Pendidikan Khusus:

No.

Nama Alat

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Reglet&stilus

Ada

2

4

 

2.

Papan baca Braille

Ada

1

4

 

3.

Sempoa / Abakus

Baik

3

3

 

4.

Peta Braille 5 Benua

Belum ada

1

3

 

5.

Tongkat Lipat

         Ada

1

3

 

6.

Globe Timbul

ada

1

2

 

7.

Peta Dunia Timbul

 ada

1

3

 

8.

Miniatur Gunung

Belum ada

0

3

 

9.

Catur Timbul

 Ada

1

2

 

10.

Riglet Besar

 Ada

1

3

 

11.

Braille Tex

ada

1

3

 

12.

Talking Kalkulator

Belum ada

0

3

 

13.

Bangun ruang

ada

1

2

 

14.

Atlas timbul Indonesia

          ada

1

2

 

15.

Hearing Aid                         

ada

1

4

Rusak

16.

Cermin Artikulasi

Baik

1

3

 

17.

Miniatur Tempat Ibadah

 ada

1

5

 

9.

Globe

Baik

1

5

 

10.

Bangun Geometri

Belum ada

0

6

 

11.

Miniatur Profesi

Belum ada

0

6

 

12.

Miniatur Alat dapur

ada

1set

6

 

13.

Miniatur buah

Baik

2 set

6

 

14.

Miniatur hewan

Baik

2 set

6

 

15.

Kruk

Ada

2

4

Rusak

16.

Kursi roda tras med

Baik

1

5

 

17.

Bola terapy gynic 75

Belum ada

2

3

rusak

 

  4. Alat Kesenian:

No.

Nama Alat

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Gitar

ada

1

1

 

2.

Dram

ada

1

0

 

3.

Suling

Belum ada

0

2

 

4.

Gong

Belum ada

0

2

 

5.

Ketipung        

ada

1

1

 

6.

Kecacir

Belum ada

0

2

 

7.

Harmonika     

 ada

2

0

 

8.

Pianika

Ada

3

3

 

9.

Gitar

Belum ada

0

1

Segera diadakan

10.

Orgen

Ada

2

0

 

 

 

 

5. Alat elektronok

No.

Nama Alat

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Komputer       

Ada (Rusak)

2

4

 

2.

Laptop

Ada

10

3

5 rusak

3.

Televisi

Ada

7

1

3 hilang

4.

LCD Projector

Ada

2

1

 

5.

Screen Projector

Belum ada

0

2

 

6.

Printer + Scaner

Ada

5

3

3 rusak

7.

Speaker Aktif

Ada

2

2

 

8.

In Ear Microphone

Ada

2

2

 

9.

Mic Saku

Belum ada

0

4

 

10.

OHP

Ada

1

1

 

11.

Camera Digital

Baik

2

1

1 rusak

12.

Warles

Belum ada

0

1

 

 

6.      Alat Ketrampilan :

No.

Nama Alat

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Mesin jahit singer

Ada

1

2

 

2.

Mesin jahit baterflay

Ada (rusak)

2

2

 

3.

Mesin bordir Manual

Ada

1

1

rusak

4.

Mesin bordir Listrik

Belum ada

0

1

 

5

Mesin jahit Listrik meja

Ada

5

0

 

5.

Gunting kain

Ada

1

2

 

6

Mesin jahit mesin besar

Ada

4

 

Rusak 2

7

Mesin bordir

Ada

1

2

bagus

6.

Alat sablon     

Ada (rusak)

1

1

Rusak berat

7.

Alat potong rambut

Ada

1

1

Rusak

8.

Tembak lilin

Ada

6

4

 

8.

Cetakan mi     

Belum ada

0

1

 

9.

Alat dapur      

Ada (rusak)

1 set

2        set

 

    

7.      Alat olah raga:

No.

Nama Alat

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Bola voly & net

Baik

1

2

 

2.

Bola sepak

Baik

1

3

 

3.

Bola mainan (plastik)

Ada

 1 set

4 set

 

4.

Raket bulu tangkis

Baik

3

6

 

5.

Net bulu tangkis

Baik

1

1

 

6.

Papan catur    

Baik

2

3

 

7.

Palang titian

Baik

1

2

 

8.

Biji cakram     

Baik

1

3

 

9.

Stop Wach     

ada

1

2

 

10.

Bola bocee

Ada

1 set

1        set

 

 

8.      Alat pramuka:

No.

Nama Alat

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

Tenda 

Baik

2

2

 

2.

Tali     

Baik

5

15

 

3.

Tongkat

Baik

15

15

 

 

 

9.      Buku perpustakan:

No.

Nama Buku

Keadaan

Adanya

Kurang

Keterangan

1.

K 13

Baik

45

10

 

2.

Buku referensi

Baik

10

30

 

3.

Buku Penunjang

Baik

25

55

 

4.

Buku bacaan lain

Baik

48

55

 

5

Buku Kurmer

Belum ada

0

 

Segera diadakan

 

H. DANA OPERASIONAL SEKOLAH 

     Dana Operasional Sekolah bersumber dari   BOS dan BOPP

 

I. KEGIATAN SEKOLAH

    1. Proses Belajar Mengajar

   Dalam Proses Pembelajaran Sekolah kami menggunanakan KURMER. Tahun ajaran 2023/2024 merupakan tahun pertama bagi SLBN Gunungsari Bojonegoro dalam melaksanakan KURMER jalur mandiri berubah. Sebagaimana regulasi yang berlaku tentang pelaksanaan KURMER baik melalui jalur PSP maupun jalur mandiri berubah, maka di tahun ajaran 2023/2024 SLBN Gunungsari Bojonegoro menyusun pengorganisasian pembelajaran dalam 2 kelompok utama yaitu Intrakurikuler dan Kokurikuler, di samping juga menyusun pengorganisasian pembelajaran untuk kegiatan Ekstrakurikuler

 

  2. Ekstrakurikuler:

            a. Pramuka                                          c. Menyanyi & musik              

            b. Menari                                             d. IT.  

            e. Melukis                                            f. Olag raga    

                                     

    3. Ketrampilan:

            a. Tata boga                                         f. Potong rambut

            b. Menjahit                                          g. Home industri (hasil karya pelepah pisang )

            c. Sablon                                             h. Kerajinan tangan

            d. Pertukangan                                                i. Membatik    

            e. Bengkel                                           j. Bengkel dan Pertanian

                                     

 J. PRESTASI :

       1. Akademik: -

       2. Non Akademik: Tahun 2021– 2023

 

          a. Prestasi Guru

NO.

NAMA SISWA

Guru

JENIS LOMBA

JUARA

Tahun

TINGKAT

1

2

3

4

3

6

7

1

Adinda Ajeng Apriliana, S. Sos

Terapis

 

Video pendek

II

2021

Kabupaten

2

Dra. Ninik Woro Wahyuti

KS

 

Inovasi KS GCC Batch 2

1

2021

Propinsi

 

3

Imelda Dwi S. M.Pd

Guru

Desain Fashion GCC Batch 3

5

2022

 

Propinsi

4

Imelda Dwi S. M.Pd

Guru

 

Desain Fashion GCC Batch 3

3

2023

 

Propinsi

 

          b. Prestasi Peserta Didik

 

NO.

NAMA SISWA

KELAS

JENIS LOMBA

JUARA

Tahun

TINGKAT

1

2

3

4

3

6

7

1

Nur Aulia Zahra Oktaviana

IX

Massage

10 Besar

2021

Nasional

2

Nur Aulia Zahra Oktaviana

IX

Mencipta Lagu

Harapan 3

2021

Nasional

3

Selfy Rahma Dhani

VI

Fashion Show

10 Besar

2021

Nasional

4

Nur Aulia Zahra Oktaviana

IX

Menyanyi

1

2021

Nasional

5

Nafidatun Nafiah

XII

Video Kretifitas

1

2022

PLB UNESA

6

Icha Aura Riafatch

VIII

Video Kreatifitas

2

2022

PLB UNESA

7

Nur Aulia Zahra

IX

Menyanyi

1

2022

PLB UNESA

 

8

Nur Aulia Zahra

IX

Baca Puisi

Harapan 2

2022

Slb Tamima Mumtaz Malang

9

Icha Aura Riafatch

VIII

Fashion Show

10 Besar

2022

Slb Tamima Mumtaz Malang

10

Abdullah Najib Bahtiar

VI

Fashion Show

10 Besar

2022

Slb Tamima Mumtaz Malang

11

Selfy Rahma Dhani

VII

Bocce

1

2022

Kabupaten

12

Icha Aura Riafatch

VII

Lompat Jauh tanpa Awalan

1

2022

Kabupaten

13

Hanifa Faizatul Aulia

IV

Tolak Peluru Kabupaten

2

2022

Kabupaten

14

Muhammad Umar

VI

Lempar Turbo

2

2023

Kabupaten

15

Jundan Febriano

VIII

IT

1

2023

Kabupaten

16

Abdullah Najib Bahtiar

VIII

Membatik

2

2023

Kabupaten

17

Nur Aulia Zahra

XII

Menyanyi

1

2023

Nasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                  BAB III

 

PERMASALAHAN

 

            Dalam rangka perbaikan proses belajar mengajar, banyak permasalahan-permasalahan dalam mencapai tujuan pendidikan yang kita inginkan:

A. Gedung Sekolah

No.

Ruang

Keadaan

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Ruang kelas

Ruang ketrampilan

Ruang guru

Ruang terapi

Ruang Musollah

Ruang perpustakaan

Kurang  memadai

Ada

Belum ada

Ada

Ada,

ada

perlu pembangunan ruang kelas baru

bagus

Perlu pengadaan ruang guru

Kurang, perlu pembangunan ruang terapi

baru

Memakai Ruang Kelas

 

B.Sarana dan Prasara

No.

Mebeler / buku

Keadaan

Keterangan

1.

2.

3.

4.

5.

  6.

7.

8.

Meja guru

Kursi guru

Almari alat peraga

Almari pajangan piala

Buku–buku pelajaran

Peralatan terapi

Alat peraga khusus

Almari filling kabinet

bagus

bagus

kurang

kurang

kurang

Sebagian ada

Ada sebagian

Belum ada

cukup

cukup

Perlu pengadaan

Kurang 1

Perlu pangadaan buku-buku braille

Perlu penambahan

Perlu pengadaan

Perlu pengadaan

 

C. Tenaga Edukatif dan Non Edukatif

No.

Guru dan Non Guru

Keadaan

Keterangan

1.

2.

3. 

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

16.

17.

18.

19.

Guru Kelas I

Guru Kelas II

Guru Kelas III

Guru Kelas IV

Guru Kelas V

Guru Kelas VI

Guru Agama Islam

Guru Agama Kristen

Guru Musik

Guru Tari

Guru Olah Raga

Guru Ketrampilan

Tenaga terapi

Guru Program Khusus

Tenaga Administrasi

Tenaga Perpustakaan

Tenaga Medis

Pembina Pramuka

Pesuruh/Tk.Kebon

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Belum ada

Tidak Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

 

 

 

 

 

 

 

Dirangkap Guru kelas

Belum Perlu

Menyekat ruang Kelas

Menyekat ruang Kelas

Guru Olahraga

Dirangkap Guru kelas

Dirangkap Guru kelas

Dirangkap Guru kelas

Dirangkap Guru kelas

Dirangkap Guru kelas

Bekerja sama dengan Puskesmas

Dirangkap Guru kelas

 

D. Dana Operasional Sekolah dari BOS dan BPOP/ RAPBS (Terlampir)

 

BAB IV

 

PROGRAM KERJA

 

Program Kerja Kepala Sekolah untuk tahun 2022 / 2023 meliputi :

  1. Umum
  2. Kurikulum
  3. Pembelajaran
  4. Ketenagaan
  5. Kesiswaan
  6. Sarana dan Prasarana
  7. Keuangan
  8. Hubungan Masyarakat
  9. Layanan Khusus

Dalam program tersebut perlu diuraikan sebagai berikut:

1.        Umum

a.       Rapat guru diusahakan dilaksanakan satu kali setiap akhir bulan , apabila dipandang perlu dapat diadakan rapat mendadak.

b.      Pelatihan guru / KS tergantung jadwal yang diadakan baik oleh Dinas Pendidikan propinsi, Nasional dan instansi terkait. Peningkatan ketrampilan guru dapat dilaksanakan melalui KKG atau mandiri.

c.       Upacara bendera diadakan setiap hari senin secara rutin dengan Pembina upacara bergantian diantara para guru dan kepala sekolah dan untuk kegiatan pramuka dilaksanakan setiap hari kamis minggu kedua dan keempat, Pembina pramuka adalah bergantian para guru.

d.      Mengikuti lomba – lomba peringatan Hari Besar Nasional, PORSENI PK dan lomba lain yang memungkinkan .

e.       Mengadakan karya wisata / Sinau wisata, kemah dan kegiatan lain yang ada hubungannya dengan kegiatan ko kurikuler .

f.          3 Bulan sekali diadakan pembelajaran diluar kelas

g.      Mengadakan kegiatan kunjungan keluar ke obyek tertentu untuk sosialisasi siswa.

 

2.        Kurikulum

Tahun ini diharapkan semua kelas sudah menggunakan kurikulum Merdeka

 

 

Keberhasilan yang ingin dicapai dengan kurikulum :

  1. Penguasan Kurikulum Merdeka Mandiri
  2. Tersusunnya program pengajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka
  3. Mengembangkan kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan siswa
  4. Melaksanakan kurikulum Merdeka sesuai dengan kebutuhan siswa
  5. Mengevaluasi Merdeka sesuai dengan kebutuhan siswa
  6. Menanbah beberapa program ketrampilan (bengkel sepeda, perikanan, pertanian dan elektronika, pencucian motor)
  7. Menyusun dan melaksanakan program P5 setiap akhir semester
  8. Membuat Best Practice setiap tahun
  9. Lombah menghias kelas setiap tahun
  10. Memberikan penghargaan pada guru berprestasi dan berdedikasi

 

3. Pembelajaran

a.       Kurikuler

            Agar proses pembelajaran berjalan lancar Program Pembelajaran:

ü  Menyusun jadwal pelajaran bersama para guru-guru untuk tahun pelajaran 2023/ 2024

ü  Mempersiapkan dan mengadakan buku pelajaran untuk pegangan guru dan siswa.

ü  Melengkapi alat pelajaran / alat peraga.

ü  Mengawasi pelaksanaan ulangan harian

ü  Melaksanakan dan melaporkan UTS dan UAS sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan .

ü  Melaksanakan program remedial / perbaikan terutama pada siswa yang belum berhasil mata pelajaran berhitung dan bahasa.

ü  Melaksanakan supervisi kelas minimal 1 kali setiap semester untuk setiap guru

ü  Melaksanakan pembagian  raport setiap akhir semester

ü  Melaksanakan UAS di akhir tahun pelajaran bagi siswa kelas VI, IX dan XII sesuai jadwal yang telah ditentukan dan menyusun laporan.

ü  Membagikan ijasah kepada yang berhak menerima.

 

b.      Ekstra Kurikuler

ü  Melaksanakan program ekstrakurikuler pramuka dengan materi program yang cenderung ke Kurikulum Merdeka

ü  Menambah program Ekstrakurikuler Seni Tari, seni musik, seni suara IT, menyanyi, melukis, olahraga, membatik, dan bengkel       

                        

4.      Ketenagaan 

a)      Melaksanakan pembagian tugas guru sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan berbagai aspek sebagai guru kelas dan guru bidang studi, dan guru ketrampilan.

b)      Mengusulkan kenaikan pangkat, jabatan gaji berkala, serta angka kredit jabatan guru

c)      Mengikutkan guru dalam pelatihan, penataran, seminar dan kursus baik yang diadakan oleh pemerintah maupun swasta.

d)     Melasanakan penilaian kerja guru / pegawai .

e)      Mengusulkan tambahan tenaga guru kepada Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur sebagai tenaga honorer.

 

5.      Kesiswaan           

a)      Melaksanakan pendaftaran siswa baru tahun pelajran 2023 / 2024

b)      Mengassesmen siswa baru

c)      Menempatkan siswa dikelas yang tepat

d)     Mendata / menginventarisasikan baik siswa lama maupun baru

e)      Melaksanakn program BP di delegasikan kepada guru kelas masing – masing

f)       Melaksanakan program ekstrakurikuler 

g)      Pembina mental beragama seperti pondok pesantren, pengumpulan zakat Fittrah,

     peringatan hari besar agama.

h). Melaksanakan kegiatan outing clas setiap 3 bulan sekali

i) memberikan materi Vokasi sesuai bakat siswa

h)      Mengarahkan siswa yag lulus untuk terus melanjutkan sekolah

 

6.      Sarana dan Prasarana / Peralatan

a)                Melaksanakan infentarisasi alat sekolah, mebeler dan buku dan lain lain

b)   Mengusulkan pengadaan ruang kelas Baru, ruang ketrampilan, ruang Terapi, ruang perpustakaan, toilet, ruang guru, rehap ruang kelas

c)                Mengusahakan tempat alat peraga dan alat ketrampilan yang memadai

d)               Mengusahakan / menambah sudut baca di kelas yang belum ada

e)                Menanam kembali tanaman pisang, okra, singkong yang sudah dipanen

f)                 Menambah tanaman bunga untuk penghijauan

g)                Menambah hidroponik halaman sekolah

h)                Membuat tempat sarana olahraga

i)                  Melengkapi alat-alat olahraga

 

7.      Keuangan

a)      Membuat RAPBS tahun 2023/ 2024

b)      Membuat Anggaran bulanan setiap akhir bulan untuk anggaran bulan berikutnya

c)      Mengelola keuangan bersama dengan bendahara sekolah

d)     Mengontrol pengeluaran keuangan .

e)      Membuat laporan keuangan setiap akhir bulan dari bendahara kepada kepala sekolah

f)       Mengambil dana BOS bersama kepala sekolah dan bendahara

g)      Mengambil dana BOPP bersama kepala sekolah dan bendahara

h)      Membuat laporan ke Dinas Pendidikan Propinsi

 

8.      Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

a)      Mengadakan rapat / pertemuan dengan Dewan Sekolah, untuk sosialisasi RKS.

b)      Mengadakan pertemuan dengan wali siswa, kepala sekolah dari sekolah terdekat dengan SLBN Gunungsari, serta memanggil wali siswa/orangtua siswa bila ada hal–hal yang dianggap perlu dimusyawarakan

c)      Mengadakan kerja sama dengan sekolah lain berupa studi banding, saling

            tukar  menukar informasi yang bermanfaat .

d)     Mengadakan Kerjasama dengan Lembaga sekolah umum (SMP, SMA dan SMK) terdekat. Untuk titip siswa belajar dan belajar ketrampilan/vokasi

e)      Meningkatkan kerja sama dengan Puskesmas setempat untuk kesehatan

            siswa dan guru.

f)       Mengadakan kerja sama dengan sekolah Umum tentang pelatihan ketrampilan

g)      Mengadakan kerja sama dengan DUDI yang ada di sekitar lokasi dan daerah lain.

h)      Menerima / menyambut mahasiswa dari berbagai Universitas untuk      

            mengadakan penelitian ABK .

9. Layanan Khusus

    a. Bagi Siswa

1)   Mengenalkan P5 ke seluruh siswa

2)   Mengatur layanan BP bersama guru kelas sebagai penanggung jawab di   

              kelas  masing-masing.

3)      Membagi tugas guru dan pegawai dalam layanan sekolah

4)      Memberikan layanan terapi bagi setiap siswa yang membutuhkan.

5)      Mengadakan kerja sama lembaga terapi serta program khusus

6)      Mengatur layanan perpustakaan

7)      Mengontrol tabungan siswa

8)      Mengontrol kebersihan lingkungan dan penghijauan

9)      Mengadakan kegiatan terapi yang sesuai dengan kebutuhan siswa

   b. Bagi Guru

       Guru  diharapkan

a)        Mensosialisasi Kurikulim Merdeka (Blended KOSP)

b)        Dapat menjadi contoh bagi siswa dan masyarakat sekitar

c)        Mengetrapkan 3 S (senyum - Sapa – Salam) dan berwibawa

d)       Dapat berlaku adil  dan jujur dalam segala hal

e)        Berwawasan luas dan  berpendirian teguh

f)         Berdisiplin  tinggi dalam melaksanakan tugas

g)        Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

h)        Cakap dan trampil dalam melaksanakan tugas dan fungsinya

i)              Mentaati peraturan

j)              Berani menanggung resiko atas keputusan yang telah diambil

k)        Bersifat empati dan tanggap terhadap situasi lingkungan

l)              Bersikap terbuka

m)      Mengembangkan/meningkatkan profesional seorang guru yang terus berkembang

 

10. Administrasi Kelas

     a. Melaksanakan kurikulum yang berlaku

     b. Meningkatkan kemampuan mengajar baik guru kelas maupun guru mata

         pelajaran dengan kuliah S1, diklat, penataran, maupun KKG

c.       Membuat program semester dan tahunan.

d.      Mengisi data kelas dan presensi siswa

e.       Membuat rencana pembelajaran dan jurnal mengajar

f.       Membuat analisa hasil ulangan, perbaikan dan pengayaan

g.      Mencatat inventaris kelas

h.      Melaksanakan program BP pada siswa yang menjadi tanggung jawabnya

i.        Melaporkan tugas yang dibebankan.

j.        Merencana, melaksanakan, mengevaliasi dann pemperbaiki program terapi sekolah

 

  PEMERINTAH PROPINSI JAWA TIMUR

            DINAS PENDIDIKAN

 

               SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI GUNUNGSARI NO. 847

 

Alamat : Jln. Teuku Umar No.344, Desa Pasinan Kec. BaurenoKab. Bojonegoro
KodePos : 62192 E-mail :  sdlbnegerigunungsari@gmail.com

 

PROGRAM KEGIATAN SLB NEGERI GUNUNGSARI BAURENO

TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024

 

 

NO.

 

 

                     KEGIATAN                    

 

PELAKSANAAN

 

 

KET

 

PROGRAM SEMESTER I

 

 

1.

Penerima siswa baru

27 Juni s/d 14 Juli 2023

Panitia PPDB (piket)

2.

Rapat Persiapan tahun ajaran baru

Pembagian Tugas Guru

15 Juli 2023

KS

3.

Kegiatan awal masuk sekolah (MPLS)

17 s/d 19 Juli 2023

Dewan guru

4.

Kegiatan Belajar Mengajar       

17 Juli 16 s/d 26 Des 23

130 Hari

5.

Penyembelihan hewan korban

03 Juli 2023

Panitia

6.

Peringatan tahun baru Hidriyah

19 Juli 2023

Panitia

7.

Rapat rutin dewan guru

30 Agustus 2023

KS

8.

Peringatan HUT RI ke 61/ lomba

15 s/d 18 Agustus 2023

Panitia

9

Penilaian lombah menghias kelas

10 September 2023

Juri

9.

Supervise kelas

09 s/d 1 Sep 2023

3 hari

10.

Kegiatan UTS

16 s/d 20 Sep 2023

Guru Kelas

11.

Kegiatan pembelajaran ke luar sekolah 1

28 September 2022

Guru

12.

Pembagian nilai hasil UTS

29 September 2023

Guru Kelas

13.

Rapat dewan guru

27 Oktober 2023

KS

14.

Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

03 Oktober 2023

Panitia

 

Peringatan hari guru /pemberian hadia

25 Nopember 2023

 

15.

Ulangan Akhir Semester

04 s/d 15 Desember 2023

Guru

16.

Peringatan HDI Kab/outing clas ke 4

03 Desember 2023

Guru+Siswa

17.

Penyerahan  Raport dan rapat dewan sekolah

21 Desember 2022

Guru

18.

Libur Semester

22 Des2023 s/d 01 Januari 2024

12 hari

 

                                                                               Bojonegoro, 04 Juli 2023

                                                                                   Kepala Sekolah

 

 

 

 

                                                                                          Dra. NINIK WORO WAHYUTI

                                                                                      NIP. 19670701 200501 2 011

 

 

                        PEMERINTAH PROPINSI JAWA TIMUR

                                       DINAS PENDIDIKAN

            SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI GUNUNGSARI NO. 847

 

Alamat : Jln. Teuku Umar No.344, Desa Pasinan Kec. BaurenoKab. Bojonegoro
KodePos : 62192 E-mail :  sdlbnegerigunungsari@gmail.com

 

ROGRAM KEGIATAN SLB NEGERI GUNUNGSARI BAURENO

TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024

 

No

KEGIATAN

PELAKSANAAN

KET

 

PROGRAM SEMESTER II

 

 

1.

Masuk Awal semester

02 Januari 2024

Sekolah

2.

Rapat awal semester genap

05 Januari 2024

KS

3.

KBM semester II

02 Jan s/d 23 Juni 2024

123 Hari

4.

Rapat rutin dewan guru membahas UTS dan pemb panitia UAS

02 Pebruari 2024

KS

5.

Kegiatan/Ulangan Tengah Semester

04 s/d 08 Maret 2024

Guru

6.

Pembagian Nilai UTS

08 Maret 2024

Guru

 7

Ujian praktek kelas 6, 9 dan 12

26 s/d 28 2024

 

8.

Pondok Romadhon

27 Maret 2024

Guru / Panitia

9

Study tour Cimory

24 April 2024

Guru, paguyuban wali murid

10.

Ujian Satuan Pendidikan (USP) II kelas VI, IX, XII

22 s/d 26 April 2024

Jadwal bisa berubah menyesuaikan Program Dinas Pendidikan

Propinsi Jatim

11.

Koreksi Bersama

29 April 2024

12.

Rapat kelulusan

30 April 2024

13.

Ujian Satuan Pendidikan

10 s/d14 Juni 2024

14.

Pengumuman kelulusan

5 Juni 2024

15.

Outing Class

19 Juni 2024

KS

16

Rapat dewab guru

20 Juni 2024

KS, Komite

17.

Pembagian raport semester II, pameran hasil karya siswa, unjuk kesenian siswa

21 Juni 2024

KS, Komite

 dan guru

18.

Libur semester II /penjaringan siswa baru

24 Juni s/d 14 Juli 2024

22 hari

 

                                                                        Bojonegoro, 19 Juli 2023

Kepala Sekolah

 

 

 

Dra. NINIK WORO WAHYUTI

NIP. 19670701 200501 2 011



 

Dr. Ichal S.Pd.I ( Aliful Imam H )

This Is The Oldest Page

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon