PROGRAM KERJA
SLB NEGERI
GUNUNGSARI BAURENO
BOJONEGORO
TAHUN PELAJARAN 2023/2024
SLB NEGERI
GUNUNGSARI
KEC. BAURENO KAB. BOJONEGORO
2023
MEWUJUDKAN
PESERTA DIDIK YANG MANDIRI, TERAMPIL, CERDAS, DANN BEWAWASAN GLOBAL”.
Indikator Kecapaian dari Visi:
1) Terwujudnya peserta didik yang unggul dalam bidang ketrampilan
Vokasiona
2) Terwujudnya
peserta didik yang cakap bersosialisas
3) Terwujudnya
perilaku peserta didik profil pelajar pancasila
a. Berakhlaq
mulia
b. Hidup
mandiri
c. Bergotong
royong
d. Berbineka
tunggal ika
1. Mewujutkan
lulusan yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasional, sosial dan hidup
mandiri
a. Menentukan
kretirian ketuntasan belajar peserta didik
b. Mengikutka
peserta didik dalam kegiatan lombah-lombah
c. Mengutamakan
pembelajaran ketrampilan vokasional
2. Mewujutkan
Pendidikan yang mengedapankan pembelajaran ketrampilan Vokasional
a. Menyediakan
ruang dan sarana ketrampilan yang sesuai bakap peserta didik
b. Bekerjasama
dengan lebaga Pendidikan lain dibidang ketrampilan Vukasional
c. Melakukan
sosialisasi program Sekolah kepada Lembaga Pendidikan disekirat sekolah tentang
program pen didikan ketrampilan Vokasional
3. Mewujutkan
belajar yang berkesinambungan
4. Mewujutkan
Pendidikan yang mengedepankan Pendidikan profil pelajar Pancasila
5. Mewujutkan
lulusan hidup mandiri
1. Tujuan
Jangka Pendek (1 tahun)
a. Mengakomodir
kegiatan keagamaan untuk membiasakan murid bersikap, berfikir, dan bertindak
sesuai dengan agama dan kepercayaan dilingkungan sekolah dalan kurun waktu 1
tahun.
b. Mengoptimalkan
sarana prasarana sekolah untuk menunjang rencana pembelajaran agar lebih
optimal.
c. Menerapkan
pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
d. Terwujudnya
pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila.
2. Tujuan
Jangka Menengah (2-3 tahun)
a. Mengembangkan
program pembiasaan dalam bersikap, berfikir dan bertindak sesuai agama dan
kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang berimtaq.
b. Merancang
pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik.
c. Mewujutkan
lulusan yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasional
1) Tercapainya
program ketrampilan Vokasional sesuai dengan kemampuan dan bakat peserta didik
2) Tercapainya
peserta didik dalam mengikuti lomba-lambah minimal tingkat Kabupate, sampai
tingkat Nasional
3) Tercapainya
peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air dalam kehidupan
sehari-hari
4) Tercapainya
peserta didik yang memiliki karakter hidup mandiri dan gotong royong dalam kehidupan
sehari -hari
3. Tujuan
Jangka Panjang (4 tahun ke depan)
a. Membangun
budaya positif dalam bersikap, berfikir, dan bertindak didalam maupun diluar
kelas, sesuai agama dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang
berakhlakul karimah.
b. Mewujutkan
Pendidikan yang mengedepankan belajar berkesinambungan: Terlaksananya kegiatan
pembelajaran di ruang kelas dan ruang ketrampilan yang menyenangkan
c. Terwujutnya
pengembangan ketrampilan kemandirian
1) Terlaksananya
Pendidikan ketrampilan untuk bekal hidup peserta didik
2) Terlaksananya
Pendidikan ketrampilan kewirausahaan
d. Terwujutnya
kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan Pendidikan karakter untuk semua
mata pelajaran
1) Memfasilitasi
mengedepankan hak antar peserta didik
2) Memfasilitasi
kebutuhan peserta didik sesuai dengan disabilitan masing-masing
e. Terwujutnya
lulusan yang mampu hidup mandiri dan diterima hidup bermasyarakat
f. yang
mampu hidup mandiri dan diterima hidup bermasyarakat
RENCANA
STRATEGIS
2023/2024
SLBN
GUNUNGSARI BAUREN0 BOJONEGORO
Telah disahkan penggunaanya
Di : Baureno
Tanggal :
Menyetujui Yang
Mengesahkan
Ketua Komite
Sekolah Kepala
SLB Negeri Gunungsari
SUN’AN, S.Pd Dra.
NINIK WORO WAHYUTI
NIP
19670701 200501 2 011
MENGETAHUI,
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Pengawas PK-LK
Wilayah Bojonegoro Wilayah
Bojonegoro, Tuban
ADI PRAYITNO,
S.Pd, M, M Drs.
M. KHOLIL, M.PdI
Pembina TK. I NIP. 19690806 200701 1 034
NIP. 19700506 199802 1 005
KATA PENGANTAR
Pentingnya
pendidikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan suatu
kepercayaan, dimana keberhasilan pendidikan sangat menentukan keberhasilan anak
didik, dimana dunia pendidikan di Indonesia di tengah perannya yang strategis
ternyata masih dihadapkan dengan berbagai kendala dan masih terus bergumul
dengan masalah klasik antara lain persoalan kurikulum, tenaga pengajar, alokasi
pendidikan yang rendah, serta kelengkapan sarana dan prasarana.
Khususnya peranan pendidikan pada
Sekolah Luar Biasa mempunyai tantangan atau kendala yang lebih spesifik dan ini
tidak saja memerlukan tenaga pengajar yang terampil, namun juga kesabaran yang
tinggi serta perlunya program kerja tahunan dalam melaksanakan pendidikan,
karena program kerja tahunan merupakan suatu indikator yang sangat penting
dalam suatu organisai.
Dalam program tersebut secara rinci dijelaskan langkah-langkah yang akan
ditempuh atau dilaksanakan oleh sekolah, permasalahannya dan pemecahannya,
serta sumber dana yang digali juga merupakan pokok sarana penunjang keberhasilan
perwujudan program. Oleh karena itu dalam program tahunan ini diharapkan dapat
memenuhi tuntutan sebagai pelaksanaan pendidikan yang sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan bagi anak Sekolah Luar Biasa.
Berkaitan
dengan perubahan kurikulum yang berubah dari kurikulum K13 menjadi Kurikulum
Merdeka. Saat ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan
kesiapan satuan Pendidikan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Saat
ini SLBN Gunungsari memilih mengunakan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah.
Perubahn kurikulum ini dapat membekali peserta didik dengan berbagai sikap dan
kemampuan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan teknologi, guna
menjawab arus globalisasi. Sehingga ada beberapa program kepala sekolah yang berubah
sesuai kondisi saat ini.
Demikian harapan kami, semoga Rencana
Anggaran Program Sekolah Tahunan ini dapat terwujud dengan baik, dan daya upaya
yang kita curahkan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peserta didik.
Kepala Sekolah
Dra. NINIK WORO WAHYUTI
NIP. 19670701 200501 2 011
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan
Luar Biasa adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan semua potensi peserta
didik agar kelak dapat bermanfaat
bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat
Perencanaan strategi pengembangan sekolah merupakan
upaya untuk menentukan tindakan masa
depan sekolah sesuai suatu urutan prioritas dengan memperhitungkan sumber daya
tersedia. Hal ini merupakan dokumen dalam pencapaian tujuan sekolah yang
mengarah pada inovasi sekolah. Dengan ditetapkan rencana strategi kerja sekolah
menjamin tercapainya tujuan yaitu :
1. Mendukung koordinasi
antar pelaku sekolah
2. Menjamin tercapainya
integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah
dan dinas pendidikan
3. Menjamin relevansi
dan konsistensi antara perencanaan, penganngaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
4. Sebagai dasar dalam
melaksanakan monitoring dan evaluasi pada akhir program
5. Optimalisasi partisipasi
masyarakat dalam meningkatkan kualitas.
B.
Landasan
Kepala Sekolah mempunyai tugas merencanakan,
mengkoordinasikan dan mengevaluasi seluruh kegiatan pendidikan di sekolah dan
melaporkan semua kegiatan kepada atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Secara
Operasional tugas pokok kepala sekolah antara lain adalah menyusun program
kerja bersama guru–guru.
C.
Pentingnya Penyusunan Program
Program
kerja sekolah sangat penting bagi kepala sekolah dan guru–guru.
Bagi kepala sekolah merupakan
program dalam melaksanakan tugasnya secara urut dan teratur sesuai dengan
tujuan yang hendak dicapai, juga dapat segera menginventarisasi masalah-masalah
yang ditemui dilapangan dalam melaksanakan program tersebut.
Bagi
guru-guru, program sekolah merupakan langkah-langkah kerja yang sistematis dalam
mencapai tujuan yang telah direncanakan.
Program Kerja
Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan yang merupakan tujuan
institusional dan konstitusi pelayanan pendidikan luar biasa di SLBN Gunungsari Bojonegoro perlu pertimbangan dan mengupayakan agar harapan-harapan
dari berbagai pihak dan penyelenggara pendidikan, pemerintah serta masyarakat
dapat tercapai dengan baik.
Sehubungan dengan tujuan di atas SLBN Gunungsari Bojonegoro mendapat amanat masyarakat
yang merupakan pelanggan pendidikan. Sehingga setiap tahunnya siswa semakin
bertambah, baik dari peserta didik hambatan penglihatan,
hambatan pendengaran, hambatan intelektual, hambatan fungsi Gerakan tubuh, dan Autis.
Dalam hal ini kami berupaya keras untuk memaksimalkan stabilitas kinerja
yang optimal, sehingga membutuhkan dukungan lain yakni:
1. Dana serta sarana dan prasarana dari pemerintah perlu
ditingkatkan.
2. Kualitas guru dan karyawan perlu ditingkatkan, bahkan
ketenagaan pun masih
perlu di tambah.
3. Upaya kerjasama dengan masyarakat serta orang tua
siswa yang memerlukan
pembinaan-pembinaan sehingga dapat menambah
motivasi untuk
meningkatkan kualitas mutu pendidikan.
Dengan demikian SLBN Gunungsari Bojonegoro membuat program kerja Jangka Pendek (1 tahun),
Program Kerja Jangka Menengah (2-3 tahun), dan Program Kerja Jangka Panjang (4
tahun Ke depan). Adapun program kerjanya adalah sebagai berikut:
A. Program Kerja Jangka Pendek (1 tahun)
Yang di maksud Program Kerja
Jangka Pendek yaitu program kerja yang dapat di capai pada skala waktu
mingguan, bulanan, semesteran dan maksimum tahunan.
Adapun Program Kerja Jangka Pendek adalah :
- Mengakomodir
kegiatan keagamaan untuk membiasakan murid bersikap, berfikir, dan bertindak
sesuai dengan agama dan kepercayaan dilingkungan sekolah dalan kurun waktu
1 tahun.
- Mengoptimalkan
sarana prasarana sekolah untuk menunjang rencana pembelajaran agar lebih
optimal.
- Menerapkan
pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.
- Terwujudnya
pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar pancasila.
B. Program Kerja Jangka
Menengah (2-3 tahun)
1. Mengembangkan program pembiasaan
dalam bersikap, berfikir dan bertindak sesuai
agama
dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik yang berimtaq.
2. Merancang pembelajaran yang sesuai dengan
tingkat perbedaan kemampuan kognitif
peserta didik.
3. Mewujutkan
lulusan yang unggul dalam bidang ketrampilan Vokasional
a. Tercapainya program ketrampilan Vokasional
sesuai dengan kemampuan dan bakat
peserta
didik
b.
Tercapainya peserta didik dalam mengikuti
lomba-lambah minimal tingkat Kabupate, sampai tingkat Nasional
c.
Tercapainya
peserta didik yang memiliki karakter cinta tanah air dalam kehidupan
sehari-hari
d.
Tercapainya peserta didik yang
memiliki karakter hidup mandiri dan gotong royong dalam kehidupan sehari -hari
D. Program
Kerja Jangka Panjang (4 tahun kedepan)
- Membangun
budaya positif dalam bersikap, berfikir, dan bertindak didalam maupun
diluar kelas, sesuai agama dan kepercayaan untuk mewujudkan peserta didik
yang berakhlakul karimah.
- Mewujutkan
Pendidikan yang mengedepankan belajar berkesinambungan: Terlaksananya
kegiatan pembelajaran di ruang kelas dan ruang ketrampilan yang
menyenangkan
- Terwujutnya
pengembangan ketrampilan kemandirian
a.
Terlaksananya Pendidikan
ketrampilan untuk bekal hidup peserta didik
b.
Terlaksananya Pendidikan ketrampilan
kewirausahaan
- Terwujutnya
kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan Pendidikan karakter untuk
semua mata pelajaran
a.
Memfasilitasi mengedepankan hak antar
peserta didik
b.
Memfasilitasi kebutuhan peserta didik
sesuai dengan disabilitan masing-masing
- Terwujutnya
lulusan yang mampu hidup mandiri dan diterima hidup bermasyarakat
BAB II
KONDISI OBYEKTIF SEKOLAH
Kepala
Sekolah adalah Administrator pendidikan dalam lingkungan sekolah yang
dipimpinnya, disamping harus menguasai tentang teknis pendidikan, kepala sekolah
dan guru-guru perlu mengetahui segi-segi administrasi-meningkatkan
pendayagunaan semua sumber, baik material maupun personal secara berhasil guna,
untuk menunjang usaha pencapaian tujuan pendidikan nasional.
Faktor-faktor penting guna
meningkatkan mutu pendidikan adalah kondisi atau keadaan sekolah itu sendiri
yaitu meliputi keadaan siswa, keadaan pegawai yaitu guru dan non guru, keadaan
tanah serta keadaan sarana dan prasarana.
Kelas |
Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan |
Jumlah |
|||||||||
A |
B |
C |
D |
E |
C1 |
D1 |
G |
AUTIS |
HIPER
|
||
A |
- |
2 |
- |
- |
1 |
- |
- |
1 |
- |
4 |
|
B |
- |
- |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
3 |
Juml. |
- |
- |
5 |
- |
- |
1 |
- |
- |
1 |
- |
7 |
SDLB
Kelas |
Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan |
Jumlah |
|||||||||
A |
B |
C |
D |
E |
C1 |
D1 |
G |
AUTIS |
HIPER
|
||
I |
- |
- |
5 |
- |
- |
- |
- |
- |
2 |
- |
7 |
II |
- |
2 |
1 |
- |
- |
4 |
- |
- |
- |
- |
7 |
III |
- |
3 |
1 |
- |
- |
2 |
- |
- |
- |
- |
6 |
IV |
- |
1 |
3 |
- |
- |
4 |
- |
- |
1 |
- |
9 |
V |
1 |
1 |
4 |
- |
- |
3 |
- |
- |
- |
- |
9 |
VI |
- |
1 |
3 |
- |
- |
1 |
- |
- |
- |
- |
5 |
Juml. |
- |
2 |
23 |
- |
- |
6 |
1 |
- |
5 |
- |
43 |
SMPLB
Kelas |
Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan |
Jumlah |
|||||||||
A |
B |
C |
D |
E |
C1 |
D1 |
G |
AUTIS |
HIPER
|
||
VII |
- |
- |
4 |
- |
- |
- |
- |
- |
1 |
- |
5 |
VIII |
- |
- |
5 |
- |
- |
2 |
- |
- |
- |
- |
7 |
IX |
1 |
- |
2 |
- |
- |
3 |
1 |
- |
- |
- |
7 |
Juml. |
1 |
1 |
10 |
- |
- |
3 |
2 |
- |
- |
- |
19 |
SMALB
Kelas |
Jumlah Siswa / Jenis Ketunaan |
Jumlah |
|||||||||
A |
B |
C |
D |
E |
C1 |
D1 |
G |
AUTIS |
HIPER |
||
X |
- |
1 |
1 |
- |
- |
1 |
- |
- |
- |
- |
3 |
XI |
- |
- |
6 |
- |
- |
1 |
- |
- |
- |
- |
7 |
XII |
- |
1 |
2 |
- |
- |
3 |
- |
- |
1 |
- |
7 |
Jml. |
- |
12 |
- |
- |
- |
2 |
- |
- |
- |
- |
17 |
JUMLAH TK+SD+SMP+SMA |
86 |
F.
JUMLAH PENDIDIK DAN NON PENDIDIK 3 TAHUN TERAKHIR
Tahun |
Tingkat
Pendidikan |
Jml |
Ket. |
|||||||
Non
pendidik |
Pendidik |
PNS |
P3K |
GTT |
PTT |
|||||
SMP |
SLTA |
Kuliah |
SI |
S
2 |
||||||
2021 – 2022 |
|
3 |
2 |
14 |
2 |
21 |
4 |
6 |
8 |
3 |
2022 – 2023 |
|
3 |
2 |
13 |
2 |
20 |
3 |
6 |
7 |
3 |
2023 - 2024 |
|
2 |
1 |
13 |
2 |
18 |
3 |
6 |
6 |
2 |
G. KEADAAN TANAH
Luas Tanah Seluruhnya (satu kompleks) : 2.013 m2
Digunakan
untuk bangunan : 1.365 m2
Luas Tanah digunakan untuk halaman meliputi : Tempat bermain, Taman, Olah Raga,
Kebun
Sekolah.
Bangunan
yang terdapat dalam lingkungan sekolah meliputi
:
1. Gedung Sekolah: 4 unit
No. |
Ruang |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Ruang Kantor |
Ada |
0 |
1 |
bagus |
2. |
Ruang Belajar |
Ada |
4 |
5 |
disket |
3. |
Ruang Perpustakaan |
Belum
Ada |
0 |
1 |
Segera
diadakan |
4. |
Ruang kamar kecil |
Ada |
1 |
2 |
Segera
diadakan |
5. |
Ruang Terapi |
Ada |
1 |
1 |
bagus |
6. |
Ruang Ketrampilan |
Ada |
1 |
3 |
Segera
diadakan |
7. |
Ruang Kesenian |
Belum
Ada |
0 |
1 |
Segera
diadakan |
8. |
Ruang Administrasi |
Ada |
1 |
1 |
bagus |
9. |
Ruang
pertemuan |
Belum
Ada |
0 |
1 |
Segera diadakan |
10. |
Ruang Kantin |
Ada |
1 |
1 |
Segera
diadakan |
11. |
Ruang
Tunggu |
Belum
ada |
0 |
1 |
Segera
diadakan |
2. Inventaris:
a. Mebeler:
No. |
Nama Barang |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Meja
kepala Sekolah |
Baik |
1 set |
0 |
|
2. |
Meja
+ Kursi murid |
Baik |
60 set |
20 set |
Segera
diadakan |
3. |
Meja+
Kursi guru |
Baik |
6 set |
6 set |
Segera
diadakan |
4. |
Meja
Autis |
Baik |
2 set |
4 set |
Segera
diadakan |
5. |
Meja kursi
terapis |
ada |
2 set |
2
set |
Segera
diadakan |
6. |
Almari Terapi |
ada |
1 |
3 set |
Segera
diadakan |
7. |
Almari autis |
Belum ada |
0 |
4 set |
Segera
diadakan |
8. |
Almari
buku |
Baik |
2 set |
3
set |
Segera
diadakan |
9. |
Almari
ketrampilan |
Baik |
3 set |
1
set |
|
10. |
Almari
kecil |
Baik |
1 set |
3
set |
Segera
diadakan |
11. |
Rak
buku perpustakaan |
Baik |
1 set |
2
set |
|
12. |
Papan
tulis |
Ada |
12 set |
4
set |
|
13. |
Almari Kesenian |
Belum ada |
1 |
0 |
|
14. |
Meja Komputer |
Blm ada |
0 set |
6
set |
Segera
diadakan |
3. Alat Bantu Belajar dan Alat Pendidikan
Khusus:
No. |
Nama Alat |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Reglet&stilus |
Ada |
2 |
4 |
|
2. |
Papan
baca Braille |
Ada |
1 |
4 |
|
3. |
Sempoa
/ Abakus |
Baik |
3 |
3 |
|
4. |
Peta
Braille 5 Benua |
Belum ada |
1 |
3 |
|
5. |
Tongkat
Lipat |
Ada
|
1 |
3 |
|
6. |
Globe
Timbul |
ada |
1 |
2 |
|
7. |
Peta Dunia Timbul |
ada |
1 |
3 |
|
8. |
Miniatur Gunung |
Belum ada |
0 |
3 |
|
9. |
Catur Timbul |
Ada |
1 |
2 |
|
10. |
Riglet Besar |
Ada |
1 |
3 |
|
11. |
Braille Tex |
ada |
1 |
3 |
|
12. |
Talking Kalkulator |
Belum ada |
0 |
3 |
|
13. |
Bangun ruang |
ada |
1 |
2 |
|
14. |
Atlas
timbul Indonesia |
ada |
1 |
2 |
|
15. |
Hearing
Aid |
ada |
1 |
4 |
Rusak |
16. |
Cermin
Artikulasi |
Baik |
1 |
3 |
|
17. |
Miniatur Tempat Ibadah |
ada |
1 |
5 |
|
9. |
Globe |
Baik |
1 |
5 |
|
10. |
Bangun
Geometri |
Belum ada |
0 |
6 |
|
11. |
Miniatur Profesi |
Belum ada |
0 |
6 |
|
12. |
Miniatur
Alat dapur |
ada |
1set |
6 |
|
13. |
Miniatur
buah |
Baik |
2 set |
6 |
|
14. |
Miniatur
hewan |
Baik |
2 set |
6 |
|
15. |
Kruk |
Ada |
2 |
4 |
Rusak |
16. |
Kursi
roda tras med |
Baik |
1 |
5 |
|
17. |
Bola
terapy gynic 75 |
Belum ada |
2 |
3 |
rusak |
4.
Alat Kesenian:
No. |
Nama Alat |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Gitar |
ada |
1 |
1 |
|
2. |
Dram |
ada |
1 |
0 |
|
3. |
Suling |
Belum ada |
0 |
2 |
|
4. |
Gong |
Belum ada |
0 |
2 |
|
5. |
Ketipung |
ada |
1 |
1 |
|
6. |
Kecacir |
Belum ada |
0 |
2 |
|
7. |
Harmonika |
ada |
2 |
0 |
|
8. |
Pianika |
Ada |
3 |
3 |
|
9. |
Gitar |
Belum ada |
0 |
1 |
Segera
diadakan |
10. |
Orgen |
Ada |
2 |
0 |
|
5.
Alat elektronok
No. |
Nama Alat |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Komputer |
Ada (Rusak) |
2 |
4 |
|
2. |
Laptop |
Ada |
10 |
3 |
5 rusak |
3. |
Televisi |
Ada |
7 |
1 |
3
hilang |
4. |
LCD
Projector |
Ada |
2 |
1 |
|
5. |
Screen
Projector |
Belum ada |
0 |
2 |
|
6. |
Printer
+ Scaner |
Ada |
5 |
3 |
3
rusak |
7. |
Speaker
Aktif |
Ada |
2 |
2 |
|
8. |
In Ear Microphone |
Ada |
2 |
2 |
|
9. |
Mic Saku |
Belum ada |
0 |
4 |
|
10. |
OHP |
Ada |
1 |
1 |
|
11. |
Camera
Digital |
Baik |
2 |
1 |
1
rusak |
12. |
Warles |
Belum ada |
0 |
1 |
|
6.
Alat Ketrampilan :
No. |
Nama Alat |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Mesin
jahit singer |
Ada |
1 |
2 |
|
2. |
Mesin
jahit baterflay |
Ada (rusak) |
2 |
2 |
|
3. |
Mesin bordir Manual |
Ada |
1 |
1 |
rusak |
4. |
Mesin bordir Listrik |
Belum ada |
0 |
1 |
|
5 |
Mesin
jahit Listrik meja |
Ada |
5 |
0 |
|
5. |
Gunting
kain |
Ada |
1 |
2 |
|
6 |
Mesin
jahit mesin besar |
Ada |
4 |
|
Rusak
2 |
7 |
Mesin
bordir |
Ada |
1 |
2 |
bagus |
6. |
Alat
sablon |
Ada (rusak) |
1 |
1 |
Rusak berat |
7. |
Alat
potong rambut |
Ada |
1 |
1 |
Rusak |
8. |
Tembak
lilin |
Ada |
6 |
4 |
|
8. |
Cetakan
mi |
Belum ada |
0 |
1 |
|
9. |
Alat
dapur |
Ada (rusak) |
1 set |
2
set |
|
7.
Alat olah raga:
No. |
Nama Alat |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Bola
voly & net |
Baik |
1 |
2 |
|
2. |
Bola
sepak |
Baik |
1 |
3 |
|
3. |
Bola
mainan (plastik) |
Ada |
1
set |
4
set |
|
4. |
Raket
bulu tangkis |
Baik |
3 |
6 |
|
5. |
Net
bulu tangkis |
Baik |
1 |
1 |
|
6. |
Papan
catur |
Baik |
2 |
3 |
|
7. |
Palang
titian |
Baik |
1 |
2 |
|
8. |
Biji
cakram |
Baik |
1 |
3 |
|
9. |
Stop
Wach |
ada |
1 |
2 |
|
10. |
Bola bocee |
Ada |
1 set |
1
set |
|
8.
Alat pramuka:
No. |
Nama Alat |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
Tenda |
Baik |
2 |
2 |
|
2. |
Tali
|
Baik |
5 |
15 |
|
3. |
Tongkat |
Baik |
15 |
15 |
|
9.
Buku perpustakan:
No. |
Nama Buku |
Keadaan |
Adanya |
Kurang |
Keterangan |
1. |
K
13 |
Baik |
45 |
10 |
|
2. |
Buku
referensi |
Baik |
10 |
30 |
|
3. |
Buku
Penunjang |
Baik |
25 |
55 |
|
4. |
Buku
bacaan lain |
Baik |
48 |
55 |
|
5 |
Buku
Kurmer |
Belum ada |
0 |
|
Segera
diadakan |
H. DANA OPERASIONAL SEKOLAH
Dana Operasional Sekolah bersumber dari BOS dan BOPP
I.
KEGIATAN SEKOLAH
1. Proses Belajar Mengajar
Dalam
Proses Pembelajaran Sekolah kami menggunanakan KURMER. Tahun ajaran 2023/2024
merupakan tahun pertama bagi SLBN Gunungsari Bojonegoro dalam melaksanakan
KURMER jalur mandiri berubah. Sebagaimana regulasi yang berlaku tentang pelaksanaan
KURMER baik melalui jalur PSP maupun jalur mandiri berubah, maka di tahun
ajaran 2023/2024 SLBN Gunungsari Bojonegoro menyusun pengorganisasian
pembelajaran dalam 2 kelompok utama yaitu Intrakurikuler dan Kokurikuler, di
samping juga menyusun pengorganisasian pembelajaran untuk kegiatan Ekstrakurikuler
2. Ekstrakurikuler:
a. Pramuka c.
Menyanyi & musik
b.
Menari d.
IT.
e. Melukis f. Olag raga
3.
Ketrampilan:
a.
Tata boga f. Potong rambut
b.
Menjahit g. Home industri (hasil karya pelepah pisang )
c.
Sablon h.
Kerajinan tangan
d. Pertukangan i. Membatik
e. Bengkel j. Bengkel
dan Pertanian
J. PRESTASI :
1. Akademik: -
2. Non Akademik: Tahun 2021– 2023
a. Prestasi Guru
NO. |
NAMA SISWA |
Guru |
JENIS LOMBA |
JUARA |
Tahun |
TINGKAT |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
6 |
7 |
1 |
Adinda Ajeng Apriliana, S. Sos |
Terapis |
Video
pendek |
II |
2021 |
Kabupaten |
2 |
Dra. Ninik Woro Wahyuti |
KS
|
Inovasi
KS GCC Batch 2 |
1 |
2021 |
Propinsi
|
3 |
Imelda
Dwi S. M.Pd |
Guru |
Desain
Fashion GCC Batch 3 |
5 |
2022 |
Propinsi |
4 |
Imelda
Dwi S. M.Pd |
Guru
|
Desain
Fashion GCC Batch 3 |
3 |
2023 |
Propinsi |
b. Prestasi Peserta Didik
NO. |
NAMA SISWA |
KELAS |
JENIS LOMBA |
JUARA |
Tahun |
TINGKAT |
1 |
2 |
3 |
4 |
3 |
6 |
7 |
1 |
Nur
Aulia Zahra Oktaviana |
IX |
Massage |
10
Besar |
2021 |
Nasional |
2 |
Nur
Aulia Zahra Oktaviana |
IX |
Mencipta
Lagu |
Harapan
3 |
2021 |
Nasional |
3 |
Selfy
Rahma Dhani |
VI |
Fashion
Show |
10
Besar |
2021 |
Nasional |
4 |
Nur
Aulia Zahra Oktaviana |
IX |
Menyanyi |
1 |
2021 |
Nasional |
5 |
Nafidatun
Nafiah |
XII |
Video
Kretifitas |
1 |
2022 |
PLB
UNESA |
6 |
Icha
Aura Riafatch |
VIII |
Video
Kreatifitas |
2 |
2022 |
PLB
UNESA |
7 |
Nur
Aulia Zahra |
IX |
Menyanyi |
1 |
2022 |
PLB
UNESA |
8 |
Nur
Aulia Zahra |
IX |
Baca
Puisi |
Harapan
2 |
2022 |
Slb
Tamima Mumtaz Malang |
9 |
Icha
Aura Riafatch |
VIII |
Fashion
Show |
10
Besar |
2022 |
Slb
Tamima Mumtaz Malang |
10 |
Abdullah
Najib Bahtiar |
VI |
Fashion
Show |
10
Besar |
2022 |
Slb
Tamima Mumtaz Malang |
11 |
Selfy
Rahma Dhani |
VII |
Bocce |
1 |
2022 |
Kabupaten |
12 |
Icha
Aura Riafatch |
VII |
Lompat
Jauh tanpa Awalan |
1 |
2022 |
Kabupaten |
13 |
Hanifa
Faizatul Aulia |
IV |
Tolak
Peluru Kabupaten |
2 |
2022 |
Kabupaten |
14 |
Muhammad
Umar |
VI |
Lempar
Turbo |
2 |
2023 |
Kabupaten |
15 |
Jundan
Febriano |
VIII |
IT |
1 |
2023 |
Kabupaten |
16 |
Abdullah
Najib Bahtiar |
VIII |
Membatik |
2 |
2023 |
Kabupaten |
17 |
Nur
Aulia Zahra |
XII |
Menyanyi |
1 |
2023 |
Nasional |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III
PERMASALAHAN
Dalam rangka perbaikan proses belajar
mengajar, banyak permasalahan-permasalahan dalam mencapai tujuan pendidikan
yang kita inginkan:
A. Gedung Sekolah
No. |
Ruang |
Keadaan |
Keterangan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. |
Ruang kelas Ruang ketrampilan Ruang guru Ruang terapi Ruang Musollah Ruang perpustakaan |
Kurang memadai Ada Belum ada Ada Ada, ada |
perlu pembangunan ruang kelas
baru bagus Perlu pengadaan ruang guru Kurang, perlu pembangunan ruang
terapi baru Memakai Ruang Kelas |
B.Sarana dan Prasara
No. |
Mebeler / buku |
Keadaan |
Keterangan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
Meja guru Kursi guru Almari alat peraga Almari pajangan piala Buku–buku pelajaran Peralatan terapi Alat peraga khusus Almari filling kabinet |
bagus bagus kurang kurang kurang Sebagian ada Ada sebagian Belum ada |
cukup cukup Perlu pengadaan Kurang 1 Perlu pangadaan buku-buku braille Perlu penambahan Perlu pengadaan Perlu pengadaan |
C. Tenaga Edukatif dan Non
Edukatif
No. |
Guru dan Non Guru |
Keadaan |
Keterangan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. |
Guru Kelas I Guru Kelas II Guru Kelas III Guru Kelas IV Guru Kelas V Guru Kelas VI Guru Agama Islam Guru Agama Kristen Guru Musik Guru Tari Guru Olah Raga Guru Ketrampilan Tenaga terapi Guru Program Khusus Tenaga Administrasi Tenaga Perpustakaan Tenaga Medis Pembina Pramuka Pesuruh/Tk.Kebon |
Ada Ada Ada Ada Ada Ada Belum ada Tidak Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada
|
Dirangkap Guru kelas Belum Perlu Menyekat ruang Kelas Menyekat ruang Kelas Guru Olahraga Dirangkap Guru kelas Dirangkap Guru kelas Dirangkap Guru kelas Dirangkap Guru kelas Dirangkap Guru kelas Bekerja sama dengan Puskesmas Dirangkap Guru kelas |
D. Dana Operasional Sekolah dari BOS dan BPOP/ RAPBS (Terlampir)
BAB IV
PROGRAM KERJA
Program Kerja Kepala Sekolah untuk tahun 2022 / 2023 meliputi :
- Umum
- Kurikulum
- Pembelajaran
- Ketenagaan
- Kesiswaan
- Sarana dan Prasarana
- Keuangan
- Hubungan Masyarakat
- Layanan Khusus
Dalam program tersebut perlu diuraikan
sebagai berikut:
1.
Umum
a. Rapat guru diusahakan
dilaksanakan satu kali setiap akhir bulan , apabila dipandang perlu dapat diadakan rapat mendadak.
b. Pelatihan guru / KS
tergantung jadwal yang diadakan baik oleh Dinas Pendidikan propinsi, Nasional dan instansi terkait. Peningkatan ketrampilan guru dapat dilaksanakan melalui KKG atau mandiri.
c. Upacara bendera
diadakan setiap hari senin secara rutin dengan Pembina upacara bergantian
diantara para guru dan kepala
sekolah dan untuk kegiatan pramuka
dilaksanakan setiap hari kamis minggu kedua dan keempat, Pembina
pramuka adalah bergantian para guru.
d. Mengikuti lomba –
lomba peringatan Hari Besar Nasional, PORSENI PK dan lomba lain yang memungkinkan .
e. Mengadakan karya wisata
/ Sinau wisata, kemah dan kegiatan lain yang ada hubungannya dengan kegiatan ko kurikuler .
f. 3 Bulan sekali diadakan
pembelajaran diluar kelas
g. Mengadakan kegiatan kunjungan
keluar ke obyek tertentu untuk sosialisasi siswa.
2.
Kurikulum
Tahun ini diharapkan semua
kelas sudah menggunakan kurikulum Merdeka
Keberhasilan yang ingin
dicapai dengan kurikulum :
- Penguasan
Kurikulum Merdeka Mandiri
- Tersusunnya program pengajaran yang
sesuai dengan Kurikulum Merdeka
- Mengembangkan
kurikulum Merdeka sesuai
dengan kebutuhan siswa
- Melaksanakan
kurikulum Merdeka sesuai
dengan kebutuhan siswa
- Mengevaluasi
Merdeka sesuai dengan
kebutuhan siswa
- Menanbah
beberapa program ketrampilan (bengkel sepeda, perikanan, pertanian dan elektronika,
pencucian motor)
- Menyusun
dan melaksanakan program P5 setiap akhir semester
- Membuat
Best Practice setiap tahun
- Lombah
menghias kelas setiap tahun
- Memberikan
penghargaan pada guru berprestasi dan berdedikasi
3. Pembelajaran
a.
Kurikuler
Agar proses pembelajaran berjalan lancar
Program Pembelajaran:
ü
Menyusun jadwal pelajaran
bersama para guru-guru untuk tahun pelajaran 2023/ 2024
ü
Mempersiapkan dan
mengadakan buku pelajaran untuk pegangan guru dan siswa.
ü
Melengkapi alat pelajaran / alat peraga.
ü
Mengawasi pelaksanaan ulangan harian
ü
Melaksanakan dan melaporkan UTS dan UAS sesuai dengan
jadwal yang telah ditentukan .
ü
Melaksanakan program remedial / perbaikan terutama
pada siswa yang belum berhasil mata pelajaran berhitung dan bahasa.
ü
Melaksanakan supervisi kelas minimal 1 kali setiap
semester untuk setiap guru
ü
Melaksanakan pembagian raport setiap akhir semester
ü
Melaksanakan UAS di akhir tahun pelajaran bagi
siswa kelas VI, IX dan XII sesuai jadwal yang telah ditentukan dan menyusun laporan.
ü
Membagikan ijasah kepada yang berhak menerima.
b. Ekstra Kurikuler
ü Melaksanakan program
ekstrakurikuler pramuka dengan materi program yang cenderung ke Kurikulum Merdeka
ü Menambah program
Ekstrakurikuler Seni Tari,
seni musik, seni suara IT, menyanyi, melukis, olahraga, membatik, dan
bengkel
4.
Ketenagaan
a) Melaksanakan
pembagian tugas guru sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan berbagai aspek sebagai guru
kelas dan guru bidang studi, dan guru ketrampilan.
b) Mengusulkan kenaikan pangkat, jabatan gaji berkala, serta angka
kredit jabatan guru
c) Mengikutkan guru dalam pelatihan, penataran, seminar dan kursus
baik yang diadakan oleh pemerintah
maupun swasta.
d) Melasanakan penilaian
kerja guru / pegawai .
e) Mengusulkan tambahan
tenaga guru kepada Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur sebagai tenaga honorer.
5.
Kesiswaan
a) Melaksanakan
pendaftaran siswa baru tahun pelajran 2023 / 2024
b) Mengassesmen siswa
baru
c) Menempatkan siswa dikelas
yang tepat
d) Mendata /
menginventarisasikan baik siswa lama maupun baru
e) Melaksanakn program
BP di delegasikan kepada guru kelas masing – masing
f) Melaksanakan program ekstrakurikuler
g) Pembina mental beragama seperti pondok pesantren, pengumpulan
zakat Fittrah,
peringatan hari besar agama.
h). Melaksanakan kegiatan
outing clas setiap 3 bulan sekali
i) memberikan materi Vokasi
sesuai bakat siswa
h) Mengarahkan siswa yag
lulus untuk terus melanjutkan sekolah
6.
Sarana dan Prasarana
/ Peralatan
a)
Melaksanakan infentarisasi
alat sekolah, mebeler dan buku dan lain lain
b) Mengusulkan pengadaan
ruang kelas Baru, ruang
ketrampilan, ruang Terapi, ruang perpustakaan, toilet, ruang guru, rehap ruang kelas
c)
Mengusahakan tempat alat peraga dan alat ketrampilan
yang memadai
d)
Mengusahakan / menambah sudut baca di kelas yang
belum ada
e)
Menanam kembali tanaman pisang, okra, singkong yang sudah dipanen
f)
Menambah tanaman bunga untuk penghijauan
g)
Menambah hidroponik halaman sekolah
h)
Membuat tempat sarana olahraga
i)
Melengkapi alat-alat olahraga
7.
Keuangan
a) Membuat RAPBS tahun
2023/ 2024
b) Membuat Anggaran bulanan
setiap akhir bulan untuk anggaran bulan berikutnya
c) Mengelola keuangan
bersama dengan bendahara sekolah
d) Mengontrol pengeluaran
keuangan .
e) Membuat laporan keuangan
setiap akhir bulan dari bendahara kepada kepala sekolah
f) Mengambil dana BOS bersama kepala sekolah dan bendahara
g) Mengambil dana BOPP bersama kepala sekolah dan bendahara
h) Membuat laporan ke Dinas
Pendidikan Propinsi
8.
Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
a) Mengadakan rapat /
pertemuan dengan Dewan Sekolah, untuk
sosialisasi RKS.
b) Mengadakan pertemuan dengan wali siswa, kepala sekolah dari
sekolah terdekat dengan SLBN Gunungsari, serta memanggil wali siswa/orangtua
siswa bila ada hal–hal yang dianggap perlu dimusyawarakan
c) Mengadakan kerja sama
dengan sekolah lain berupa studi banding, saling
tukar menukar informasi yang bermanfaat
.
d) Mengadakan Kerjasama dengan Lembaga sekolah umum (SMP, SMA dan
SMK) terdekat. Untuk titip siswa belajar dan belajar ketrampilan/vokasi
e) Meningkatkan kerja
sama dengan Puskesmas setempat untuk kesehatan
siswa dan guru.
f)
Mengadakan kerja sama dengan sekolah Umum tentang pelatihan ketrampilan
g)
Mengadakan kerja sama dengan DUDI yang ada di sekitar lokasi dan daerah
lain.
h) Menerima / menyambut
mahasiswa dari berbagai Universitas untuk
mengadakan penelitian ABK .
9. Layanan Khusus
a. Bagi Siswa
1) Mengenalkan P5 ke seluruh siswa
2) Mengatur layanan BP bersama
guru kelas sebagai penanggung jawab di
kelas masing-masing.
3) Membagi tugas guru
dan pegawai dalam layanan sekolah
4) Memberikan layanan
terapi bagi setiap siswa yang membutuhkan.
5) Mengadakan kerja sama
lembaga terapi serta program khusus
6) Mengatur layanan
perpustakaan
7) Mengontrol tabungan
siswa
8) Mengontrol kebersihan
lingkungan dan penghijauan
9) Mengadakan kegiatan
terapi yang sesuai dengan kebutuhan siswa
b. Bagi Guru
Guru diharapkan
a)
Mensosialisasi Kurikulim Merdeka (Blended KOSP)
b)
Dapat menjadi contoh bagi siswa dan masyarakat sekitar
c)
Mengetrapkan 3 S (senyum -
Sapa – Salam) dan berwibawa
d) Dapat berlaku adil dan jujur dalam segala hal
e)
Berwawasan luas dan berpendirian teguh
f)
Berdisiplin
tinggi dalam melaksanakan tugas
g)
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
h)
Cakap dan trampil dalam melaksanakan tugas dan
fungsinya
i)
Mentaati
peraturan
j)
Berani
menanggung resiko atas keputusan yang telah diambil
k)
Bersifat empati dan tanggap terhadap situasi lingkungan
l)
Bersikap
terbuka
m) Mengembangkan/meningkatkan
profesional seorang guru yang terus berkembang
10. Administrasi Kelas
a. Melaksanakan kurikulum yang berlaku
b. Meningkatkan kemampuan mengajar baik guru
kelas maupun guru mata
pelajaran dengan kuliah S1, diklat, penataran,
maupun KKG
c. Membuat program semester
dan tahunan.
d. Mengisi data kelas
dan presensi siswa
e. Membuat rencana
pembelajaran dan jurnal mengajar
f. Membuat analisa hasil
ulangan, perbaikan dan pengayaan
g. Mencatat inventaris
kelas
h. Melaksanakan program
BP pada siswa yang menjadi tanggung jawabnya
i.
Melaporkan tugas yang dibebankan.
j.
Merencana, melaksanakan,
mengevaliasi dann pemperbaiki program terapi sekolah
PEMERINTAH
PROPINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI GUNUNGSARI NO.
847
Alamat : Jln. Teuku
Umar No.344, Desa Pasinan Kec. BaurenoKab.
Bojonegoro
KodePos : 62192 E-mail : sdlbnegerigunungsari@gmail.com
|
PROGRAM KEGIATAN SLB NEGERI GUNUNGSARI BAURENO
TAHUN
PELAJARAN 2023 / 2024
NO.
|
KEGIATAN |
PELAKSANAAN
|
KET |
|
PROGRAM SEMESTER
I |
|
|
1. |
Penerima siswa
baru |
27 Juni s/d 14
Juli 2023 |
Panitia PPDB (piket) |
2. |
Rapat Persiapan tahun ajaran baru Pembagian
Tugas Guru |
15 Juli 2023 |
KS |
3. |
Kegiatan awal masuk sekolah (MPLS) |
17 s/d 19 Juli 2023 |
Dewan guru |
4. |
Kegiatan Belajar
Mengajar |
17 Juli 16 s/d 26 Des 23 |
130 Hari |
5. |
Penyembelihan
hewan korban |
03 Juli 2023 |
Panitia |
6. |
Peringatan tahun baru
Hidriyah |
19 Juli 2023 |
Panitia |
7. |
Rapat rutin dewan
guru |
30 Agustus 2023 |
KS |
8. |
Peringatan HUT RI
ke 61/ lomba |
15 s/d 18 Agustus 2023 |
Panitia |
9 |
Penilaian lombah
menghias kelas |
10 September 2023 |
Juri |
9. |
Supervise kelas |
09 s/d 1 Sep 2023 |
3 hari |
10. |
Kegiatan UTS |
16 s/d 20 Sep 2023 |
Guru Kelas |
11. |
Kegiatan pembelajaran
ke luar sekolah 1 |
28 September 2022 |
Guru |
12. |
Pembagian nilai
hasil UTS |
29 September 2023 |
Guru Kelas |
13. |
Rapat dewan guru |
27 Oktober
2023 |
KS |
14. |
Memperingati Maulid
Nabi Muhammad SAW |
03
Oktober 2023 |
Panitia |
|
Peringatan hari
guru /pemberian hadia |
25
Nopember 2023 |
|
15. |
Ulangan Akhir Semester |
04 s/d 15 Desember 2023 |
Guru |
16. |
Peringatan
HDI Kab/outing clas ke 4 |
03 Desember 2023 |
Guru+Siswa |
17. |
Penyerahan
Raport dan rapat dewan sekolah |
21 Desember 2022 |
Guru |
18. |
Libur Semester |
22 Des2023 s/d 01 Januari
2024 |
12 hari |
Bojonegoro, 04
Juli 2023
Kepala Sekolah
Dra. NINIK WORO WAHYUTI
NIP. 19670701
200501 2 011
PEMERINTAH PROPINSI
JAWA TIMUR
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI GUNUNGSARI NO. 847
Alamat : Jln.
Teuku Umar No.344, Desa Pasinan Kec. BaurenoKab.
Bojonegoro
KodePos : 62192 E-mail : sdlbnegerigunungsari@gmail.com
|
ROGRAM KEGIATAN SLB NEGERI GUNUNGSARI BAURENO
TAHUN
PELAJARAN 2023 / 2024
No |
KEGIATAN |
PELAKSANAAN |
KET |
|
PROGRAM SEMESTER II |
|
|
1. |
Masuk
Awal semester |
02
Januari 2024 |
Sekolah |
2. |
Rapat
awal semester genap |
05
Januari 2024 |
KS |
3. |
KBM semester II |
02
Jan s/d 23 Juni 2024 |
123 Hari |
4. |
Rapat
rutin dewan guru membahas UTS dan pemb panitia
UAS |
02 Pebruari 2024 |
KS |
5. |
Kegiatan/Ulangan Tengah Semester |
04
s/d 08 Maret 2024 |
Guru |
6. |
Pembagian
Nilai UTS |
08
Maret 2024 |
Guru |
7 |
Ujian
praktek kelas 6, 9 dan 12 |
26
s/d 28 2024 |
|
8. |
Pondok
Romadhon |
27 Maret 2024 |
Guru
/ Panitia |
9 |
Study
tour Cimory |
24
April 2024 |
Guru,
paguyuban wali murid |
10. |
Ujian Satuan Pendidikan (USP) II kelas VI, IX, XII |
22
s/d 26 April 2024 |
Jadwal
bisa berubah menyesuaikan Program Dinas Pendidikan Propinsi
Jatim |
11. |
Koreksi
Bersama |
29
April 2024 |
|
12. |
Rapat
kelulusan |
30
April 2024 |
|
13. |
Ujian Satuan Pendidikan |
10
s/d14 Juni 2024 |
|
14. |
Pengumuman
kelulusan |
5 Juni 2024 |
|
15. |
Outing
Class |
19
Juni 2024 |
KS |
16 |
Rapat
dewab guru |
20
Juni 2024 |
KS,
Komite |
17. |
Pembagian
raport semester II, pameran hasil karya siswa, unjuk kesenian siswa |
21
Juni 2024 |
KS,
Komite dan guru |
18. |
Libur
semester II /penjaringan siswa baru |
24
Juni s/d 14 Juli 2024 |
22 hari |
Bojonegoro,
19 Juli 2023
Kepala Sekolah
Dra. NINIK WORO WAHYUTI
NIP. 19670701
200501 2 011
EmoticonEmoticon